Minggu, Agustus 31, 2008

Linux Mint Menginap Di Laptopku dan Akhirnya Mereka Menikah

Palembang, 31 Agustus 2008. Selamat malam semuanya !.....mudah-mudahan semuanya sehat selalu dan selamat menunaikan ibadah puasa yang sudah duluan atau yang mulai besok. Tadi habis sholat magrib dan makan malam mengisi perut yang sudah lapar. Yah dimana dari pagi siang sampe sore di depan laptop mencoba semua distro yang saya dapatkan dari majalah info linux edisi 08-09/2008. Kemudian saya menuju warnet tetangga saya untuk ngeblog dan posting tentang apa yang selama 2 hari ini saya rasakan setelah mencoba semua distro yang baru saya dapatkan. Oh ya! 2 hari yang lalu saya posting kehujanan kemudian mampir ke Gramedia dan beli Info Linux 08/2008. Ok lanjut saja ya..... waktu pulang dari ngajar dari Palcomtech ternyata pas mau keluar pintu ternyata langit masih bersedih sehingga saya masuk ke warnet DJ 1 yang bersebelahan. Waktu saya lihat dirak tempat majalah-majalah yang mereka pajang ternyata ada sebuah majalah Info Linux namun setelah saya perhatikan isinya tidak sama dengan yang beli beberapa jam sebelumnya. Ya betul sekali saya lihat edisinya berbeda dan itu edisi yang bulan berikutnya (09/2008). Wah-wah ternyata Info Linux selain pernah terlambat sekarang hadirnya lebih duluan sebelum bulannya. Ga pa-pa sih, kebenaran uang dari teman saya tadi masih didompet, langsung saja ambil tuh majalah dan bayar ke kasir. Setelah langit tidak manja lagi saya ke parkir dan menghidupkan kenderaan saya dan pulang kerumah. Setiba dirumah,mandi, ganti pakaian, sholat Isya, saya membuka tas saya dan menghidupkan laptop saya dan mencoba distro-distro yang saya dapatkan dari 2 edisi majalah info linux. Distro yang pertama saya coba yaitu Open Suse 11, ternyata tidak seperti bonus yang dulu 10.3 yang 11 ini bisa live CD, lihat-lihat sebenar lalu saya klik shortcut Instalnya. Setelah Open Suse 11 menggoyang laptop saya , saya coba bermain-main dengan goyangannya (dalam hal ini masih yang dasar-dasar sesuai kemampuan dan apa yang bisa serta bisa dilakukan bahasa kasarnya pa ya? bru belajar jadi newbie kali...he....he...). Untuk instalasi lebih cepat dari yang 10.3, namun waktu saya buka menu programnya sedikit sekali seperti open office cuma ada writer dan calc. Sound, wifi, lan, laptop saya belum otomatis sempurna dikenali masih bisu, karena sudah ngantuk saya biarkan open suse 11 ini meniduri laptopku semalaman yang penting gak hamil. Tambahan, saya belum bisa nonton dan denger musik secara langsung. Besoknya setelah saya pulang kerja kembali saya mencoba distro berikutnya Ubuntu ME, yang ini juga saya bisa melihat-lihat dan mengekplorasi tubuhnya dulu karena live CD juga. Keren sekali waktu lihat tampilan pertamanya yang kehijauan dan animasi pointer mousenya ituloh yang membuat kita selalu mengingat kebesaran, kesucian, KeesaanNya, dan betapa besar pengampunan untuk umatnya. Terus yang membuat saya lebih senang lagi, saya langsung bisa muter lagu MP3 dan nonton Video, terus sound, lan, dan wifi laptop langsung bisa dikenali. Aplikasi yang diberikan juga lumayan dari Open suse 11. Ubuntu ME ini tidak sempat saya tanamkan dilaptop karena sudah puas dari live CD nya. Selanjutnya saya coba fedora 9, nah yang ini tidak ada live CD oleh karena itu saya biarkan menggoyang dan menggebor laptopku. Sayangnya fedora 9 ini tidak bisa langsung mengenali sound, wifi, lan, muter MP3 dan Nonton video. Dari segi aplikasi lumayan dari open suse 11. Tidak begitu lama langsung saja saya ceraikan dan laptop saya kembali saya kawinkan dengan distro baru yang bagi saya namanya baru-baru ini dengar dan sekarang berada ditangan saya. Ternyata laptop saya sudah gatel minta dikawinkan, yah langsung saja saya nikahkan dan saya kawinkan biar halal gitu. Distro ini diberikan Live CD nya sehingga saya bisa melihat kecocokkan mereka. Eh ternyata benar sekali mereka sangat cocok dimana sound, lan ,wifi bisa dikenali dan saya pun bisa menikmati tayangan video dan musik yang mereka tampilkan. Sampai saat ini mereka masih bersama dan masih menikmati bulan madunya. Nama distronya Linux Mint. Berikut ini Screen Short hasil pernikahan mereka :



Gambar 1. Tampilan Dekstop Linux Mint


Gambar 2. Tampilan Untuk Mengganti Background


Gambar 3. Tampilan Setting Screen saver


Gambar 4. Tampilan aplikasi pemutar musik


Gambar 5. Tampilan aplikasi pemutar video


Gambar 6. Tampilan awal OpenOffice 2.4


Gambar 7. Tampilan OpenOffice.org Writter ( Sama seperti Ms.Word)


Gambar 8. Tampilan OpenOffice.org Calc (Sama seperti Excel)


Gambar 9. Tampilan OpenOffice.org Impress (Sama seperti Ms. PowerPoint)


Gambar 10. Tampilan OpenOffice.org Base (Sama seperti Ms. Access)


Gambar 11. Tampilan Gimp (Sama seperti Photoshop)

Mudah-mudahan pernikahan mereka sampai kakek nenek, tapi gak tahu juga sih masalahnya laptop saya buaya darat jadi suka ganti-ganti pasangan. Katanya selalu mencari yang lebih cantik, lebih mulus, lebih dahsyat goyangannya, lebih bisa melindungi diri, dan lebih sayang dan mengerti akan kekurangan dirinya dan lebih tahu dan paham akan kemauan orang tuanya. Ya itulah anak saya ini tidak mau durhaka kepada orang tuanya.

Tidak ada komentar: