Minggu, September 25, 2011

Langkah Mudah Instalasi Windows 7 di Komputer/Laptop

Sebelum kita melakukan proses instalasi Windows 7 kedalam komputer atau laptop maka perlu diperhatikan juga spesifikasi minimal hardware computer kita agar windows 7 bisa berjalan dengan baik. Adapun spesifikasi minimalnya yaitu :

  • Prosesor 1GHz (32/64-bit)
  • Memory 1GB
  • Harddisk 16 GB
  • Untuk tampilan Aero maka memory kartu grafisnya 128 MB
  • Drive DVD-R/W

Adapun spesifikasi hardware yang penulis gunakan dalam pembuatan artikel ini yaitu :

  • Prosesor Intel Dual Core 2,80 GHz
  • Harddisk Seagate 250 GB SATA
  • Memory Kingston 1 GB/DDR2/PC-6400
  • DVD RW LG 24x
  • Monitor LG Tabung
  • Kartu grafis On Board

Ok…..sekarang kita mulai melakukan proses instalasinya! Open-mouthed smile

Langkah 1

Pastikan kita sudah atur boot pertamanya dari CD/DVD di BIOS (kalau lupa atau bingung caranya coba lihat artikel saya sebelumnya (Mengenal Linux 1 dan Mengenal Linux 2) dan pastikan DVD master Windows 7 sudah ada didalam drive DVD.

1

Jika muncul pesan “Press any key to boot with CD” maka tekan saja sembarang tombol di keyboard agar DVD master Windows 7 kita dibaca oleh system.

2

Langkah 2

Pada layar ini dibagian Languange to install biarkan saja English, pada Time and Currency format ganti menjadi Indonesian (Indonesia), pada keyboard or input method biarkan saja US, dan selanjutnya pilih Next.

3

Langkah 3

Pada layar ini pilih Instal Now dan beri tanda conteng (þ) pada I Accept Licence term lalu Next.

4

5

Langkah 4

Pada layar ini pilih Custom.

6

Langkah 5

Pada layar ini penulis akan membuat partisi (ruang memori) untuk Windows 7. Karena sebelumnya sudah ada partisi maka penulis akan melakukan proses penghapusan terlebih dahulu. Untuk menghapus partisi maka klik “Drive Options (advanced)”, lalu klik partisi yang akan dihapus dan klik “Delete”, semua partisi telah menjadi kosong maka selanjutnya proses pembuatan partisi. Adapun langkahnya yaitu klik partisi yang kosong yang bernilai ± 250 GB (250.000 MB) tersebut dan klik New lalu pada Size ganti nilai partisi misalnya 60000 MB dan klik Apply maka akan terbentuk sebuah partisi (Disk 0 partition 2) seperti gambar dibawah. Selanjutnya klik partisi yang masih kosong (disk 0 Unallocated Space) lalu klik New dan klik Apply (Penulis tidak mengganti nilainya karena dalam hal ini penulis hanya membuat 2 partisi yaitu C= 60 GB dan D= 190 GB / semua sisa). Jika pemartisian (pembagian ruang memori) pada harddisk telah selesai maka coba klik partisi “disk 0 partition 2” lalu klik Next.

7

8

9

10

11

12

Langkah 6

Pada layar ini proses pengkopian file akan dilakukan dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan jika telah selesai proses pengkopian file maka system akan restart sendiri.

13

Langkah 7

Pada layar ini ketikkan nama pengguna dan nama komputer, misalnya Username: Palcomtech Prabumulih, Computer Name: Palcomtech Prabu dan Pilih Next. Maka akan tampil layar seperti dibawah ini dan Windows 7 siap dinikmati.

14

15

16

Demikianlah tutorial singkat ini semoga bermanfaat bagi semua terutama dan terkhususnya siswa-siswi PalComTech Prabumulih yang akan, lagi atau sudah belajar materi Teknisi Komputer.

Tidak ada komentar: